Aplikasi Timer dan Counter Atmega 8535 dengan Codevision AVR dan Proteus

  Aplikasi Timer dan Counter Atmega8535 dengan Codevision Avr dan Proteus --- Kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Aplikasi Timer dan Counter khususnya Pemograman Mencacah Counter T0 yang merupakan serana input dari mikrocontroller yang nantinya bisa diaplikasikan dalam pembuatan suatu sistem semisal penghitung jumlah bola yang masuk kedalam ring bola basket ataupun digunakan untuk papan scor pertandingan sepak bola. 

  Selain itu dengan serana input ini mirocontroller juga bisa dipakai untuk mengukur lebar dan membangkitkan pulsa. Mikrocontroller Atmega 8535 mempunyai 3 buah Timer yaitu Timer/Counter 0 untuk data 8 bit, Timer/Counter 1 untuk data 16 bit, dan Timer/Counter 3 untuk data 16 bit. Khusus pada pembahasan kita ini yang akan digunakan adalah Timer/Counter 0 untuk data 8 bit.  

Gambar rangkaian untuk Aplikasi Timer dan Counter pada Pemograman pencacah T0 dengan menggunakan Software Proteus:

Gambar Rangkaian

Daftar komponen yang digunakan dalam rangkaian Aplikasi Timer dan Counter diatas adalah :

- Mikrocontroller Atmega 8535 sebanyak 1 buah.

- LED 0 sampai LED 7 

- Resistor R1 dan R10 = 10 K Ohm masing-masing 1 buah.

- Resistor R2 sampai R9 = 330 Ohm masing-masing 1 buah.

- VCC dan Ground.

- Push Button sebanyak 2 buah.

 

 Selanjutnya setelah membuatkan gambar rangkaian Aplikasi Timer dan Counter Mikrocontoller Atmega 8535 dengan baik dan benar selanjutnya adalah membuatkan List program dengan menggunakan Software CodeVision AVR :


Klik show untuk melihat programnya

#include <mega8535.h>
#include <delay.h>
#include <stdio.h>
unsigned char led,a;
void inisialisasiTIMER () ;
void main (void)
{
DDRC = 0xff;
led = 0x00;
inisialisasiTIMER () ;
while (1)
{
a = TCNT0;
if (a == 0x03)
{
led =PINC;
PORTC = ~led;
TCNT0 = 0x00;
}
}
}
void inisialisasiTIMER ()
{
TCNT0 = 0x00;
TCCR0 = 0x07;
}


 

  Program diatas merupakan program pencacah counter T0 untuk menghidupkan dan mematikan LED dengan menekan satu tombol input yang terhubung pada PORTB.0 sebanyak 3 kali. Pertamakali program yang dibuatkan adalah untuk mendeklarasikan register mikrocontroller jenis Atmega 8535 selanjutnya mendeklarasikan Timer sebagai Counter, dimana register TCCR0 diisi denga nilai 0x07 dan TCNT0 diberi nilai 0x00 untuk menghapus register timer 0.

   Didalam program utama mikrocontroller akan membaca cacahan melalui PORTB.0. Cacahan tersebut akan dimasukan kedalam register TCNT0 kemudian dimasukan kedalam variabel . Nilai cacahan dalam variabel akan dibandingkan jika nilai cacahan = 3 maka LED akan menyala dan jika tombol ditekan  3 kali lagi maka LED akan mati. Hal ini akan terus terjadi sampai mikrocontroller direset atau dimatikan karena menggunakan pernyataan while(1) untuk melakukan looping.

   Demikianlah sedikit pembahasan mengenai Pemogram microntroller Atmega 8535 pada Aplikasi Timer dan Counter (T0) dengan menggunakan software Proteus dan Codevision AVR. Semoga bermanfaat bagi sobat semua dan juga bagi diri saya pribadi.

0 Response to "Aplikasi Timer dan Counter Atmega 8535 dengan Codevision AVR dan Proteus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel