Fungsi Tollbar Arduino IDE

   Fungsi Tollbar Arduino IDE -- Jika Sobat telah menggunakan IDE seperti Eclipse, Xcode, atau Microsoft Visual Studio sebelumnya, maka Arduino IDE lebih sederhana. Arduino IDE terdiri dari editor, compiler, loader, dan monitor serial. 


Gambar Arduino Uno



Gambar Tampilan Arduino IDE

   IDE dari Arduino tidak memiliki fitur-fitur canggih seperti debugger atau code completion. Sobat hanya dapat mengubah beberapa preferensi, dan sebagai aplikasi Java itu tidak sepenuhnya mengintegrasikan ke desktop Mac. Ini masih digunakan, meskipun, dan bahkan memiliki dukungan yang layak untuk manajemen proyek. 


Toolbar Arduino IDE 

   Pada Gambar diatas sobat dapat melihat toolbar IDE yang memberikan akses instan ke fungsi-fungsi yang penting : 

1. Tombol Verify
    Dengan tombol Verify sobat dapat mengkompilasi program yang saat ini di editor.

2. Tombol New
  Digunakan untuk menenciptakan program baru dengan mengosongkan isi dari jendela editor saat ini. Sebelum hal itu terjadi, IDE memberikan sobat kesempatan untuk menyimpan semua perubahan yang belum disimpan.

3. Tombol Open
    Sobat dapat membuka program yang ada dari sistem file.

4. Tombol Save 
    Digunakan untuk menyimpan program saat ini. 

5. Tombol Upload 
    Digunakan untuk  mengkompilasi Program saat ini dan upload ke papan Arduino yang telah sobat pilih di IDE menu Tools> Serial Port.

6. Tombol Serial Monitor 
   Digunakan untuk membuka jendela Serial Monitor yang memungkinkan Anda untuk melihat data yang dikirim oleh Arduino dan juga untuk mengirim data kembali.

7. Tombol Stop
    Digunakan untuk menghentikan Serial Monitor.

   Meskipun menggunakan IDE sangat mudah, Sobat mungkin mengalami masalah. Dalam kasus tersebut, kita lihat menu Help. Menu Help menunjukkan banyak sumber daya yang berguna di website Arduino yang menyediakan solusi cepat tidak hanya untuk semua masalah khas tetapi juga untuk referensi materi dan tutorial.

   Untuk dapat memahami fitur-fitur IDE yang paling penting, kita akan membuat program sederhana yang membuat dioda pemancar cahaya (LED) berkedip. LED merupakan sumber cahaya murah dan efisien, dan Arduino sudah dilengkapi dengan beberapa LED. Satu LED yang berkedip menunjukkan apakah Arduino saat ini memiliki daya, dan dua LED lainnya berkedip saat data ditransmisikan atau diterima melalui koneksi serial. Dalam proyek kecil pertama, Anda akan membuat LED Arduino yang berkedip.

   Status LED terhubung ke digital IO pin 13. Pin digital bertindak sebagaisalah satu jenis switch : TINGGI atau RENDAH. Jika diatur ke TINGGI, output pin diatur ke 5 volt, menyebabkan arus mengalir melalui LED, sehingga LED menyala. Jika diatur kembali ke LOW, aliran arus berhenti, dan LED akan mati.

Buka IDE, dan masukkan kode berikut di editor :

const unsigned int LED_PIN = 13;
const unsigned int PAUSE = 500;
void setup()
{
       pinMode(LED_PIN, OUTPUT);
}
 void loop()
{
      digitalWrite(LED_PIN, HIGH);
      delay(PAUSE); 
      digitalWrite(LED_PIN, LOW); 
      delay(PAUSE);
}

   Mari kita lihat bagaimana program ini bekerja. Dalam dua baris pertama kita mendefinisikan dua konstanta int menggunakan const. LED_PIN mengacu pada jumlah IO pin digital yang digunakan, dan PAUSE mendefinisikan jumlah waktu yang diperlukan setiap LED berkedip dalam milidetik. 

   Setiap program Arduino membutuhkan fungsi bernama setup(). Sebuah definisi fungsi selalu mematuhi skema berikut :

Nilai <return data> <function name ' (' <list dari parameters> ') '
 
   Dalam kasus ini, nama fungsinya adalah setup (), dan jenis nilai kembalinya kosong membatalkan, ia tidak mengembalikan apa-apa. setup() tidak mengharapkan adanya argumen, jadi parameternya juga kosong. Sebelum kita membahas program tersebut lebih jauh, Anda perlu mengetahui Tipe-Tipe data yang terdapat pada Arduino.

   Demikianlah sedikit tentang fungsi-fungsi yang ada pada Toolbar Arduino IDE, semoga bermanfaat.

Sumber : M.BANGUN AGUNG "ARDUINO FOR BEGINNERS"

0 Response to "Fungsi Tollbar Arduino IDE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel