Tutorial Instalasi Software Arduino Pada Windows, Mac OS X, dan Linux

  
    Pandai Elektronika-- Para pengembang Arduino telah menciptakan sebuah sistem pengembangan terpadu yang sederhana namun sangat bermanfaat yang disebut dengan Integrated Development Environment (IDE). IDE dapat dijalankan pada banyak sistem operasi yang berbeda. Sebelum Anda dapat membuat proyek pertama Anda, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. 
Pemograman Arduino dan cara instalasi software arduino di komputer atau laptop.
Gambar Arduino Uno

1. Instalasi Arduino IDE pada Windows
    Arduino IDE berjalan pada semua versi terbaru dari Microsoft Windows, seperti Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, dan Windows 8. InstalasiIDE untuk Windows sangat mudah, karena IDE Arduino untuk Windows diunduh sebagai arsip ZIP mandiri, sehingga Anda tidak memerlukan sebuah installer. Unduh arsip, dan ekstrak ke lokasi pilihan Anda. Sebelum Anda pertama kali menjalankan IDE, Anda harus menginstal driver untuk Arduino Port USB. 

   Proses ini tergantung pada papan Arduino Anda dan versi Windows yang digunakan, tetapi Anda selalu harus memasang Arduino ke port USB pertama untuk memulai proses instalasi driver. Pada Windows Vista, instalasi driver biasanya terjadi secara otomatis.Windows XP dan Windows7 tidak dapat memperbarui mengupdate dari situs Arduino secara otomatis. Cepat atau lambat wizard hardware akan meminta Anda untuk menyambungkan ke path ke driver yang tepat setelah Anda telah diberitahu untuk melewati instalasi driver otomatis dari Internet. 

   Tergantung dari papan Arduino Anda, Anda harus menunjuk ke lokasi/direktori yang telah di instalasi Arduino. Untuk Arduino Uno dan Arduino mega 2560, pilih Arduino UNO.inf di direktori driver. Untuk papan yang lebih tua seperti Duemilanove, Diecimila, atau Nano, pilih driver / FTDI direktori Driver USB. Setelah driver terinstal, Anda dapat memulai Arduino executable dari direktori utama dengan mengklik dua kali. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal IDE. Perlu diketahui bahwa driver USB tidak berubah sesering Arduino IDE. Setiap kali Anda menginstal versi baru dari IDE, periksa apakah Anda perlu menginstal driver baru juga.

2. Instalasi Arduino IDE pada Mac OS X
   Arduino IDE tersedia sebagai disk image untuk Mac terbaru OS X.9. Download IDE, klik dua kali, dan kemudian tarik ikon ke folder aplikasi Arduino Anda. Jika Anda menggunakan Arduino Uno atau Arduino mega 2560, Andadapat langsung menjalankan IDE. Sebelum Anda dapat menggunakan IDE dengan  yang Arduino lebih tua seperti Duemilanove, Diecimila, atau Nano, Anda harusmenginstal driver untuk port serial Arduino itu. Double klik fileF TDIUSB Serial Driver_10_4_10_5_10_6.pkg untuk platform Anda, dan ikuti petunjuk instalasi. Ketika menginstal versi baru dari Arduino IDE, Anda biasanya tidak perlu menginstal driver FTDI lagi (hanya jika ada versi yang lebih baru).

3. Instalasi Arduino IDE di Linux
  Prosedur Instalasi pada Linux berbeda-beda untuk setiap distribusinya.Arduino IDE bekerja dengan baik pada hampir semua versi Linux modern, tapi proses instalasi sangat berbeda dari distribusi ke distribusi. Anda juga harus menginstal software tambahan (Java Virtual Machine, misalnya) yang telah preinstalled pada sistem operasi lain. Sebaiknya Anda memeriksa documentasi resmi Arduino dan mencari petunjuk untuk sistem pilihan Anda.

Demikianlah sedikit mengenai Cara Instalasi Arduino IDE, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Instalasi Software Arduino Pada Windows, Mac OS X, dan Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel