Pengertian Resistor Lengkap



Pengertian Resistor Lengkap: Resistor adalah komponen listrik yang dapat membatasi atau mengatur aliran arus listrik di sebuah rangkaian atau sirkuit elektronik. Resistor juga dapat digunakan untuk memberikan tegangan khusus untuk perangkat aktif seperti transistor. Pada rangkaian arus searah (DC), arus melalui resistor berbanding terbalik dengan resistensi, dan berbanding lurus dengan tegangan di atasnya. Ini adalah terkenal Ohm Hukum. Dalam arus bolak balik (AC) sirkuit, aturan ini juga berlaku selama resistor tidak mengandung induktansi atau kapasitansi.


Bentuk Fisik dari Resistor :

Bentuk Fisik Resistor

Rumus Hukum OHM :

Hukum OHM

Keterangan :
  1. V  adalah Tegangan dengan satuan Volt (V).
  2. I  adalah Kuat Arus Listrik satuan Ampere (A).
  3. R  adalah Resistor dengan satuan OHM. 


Simbol dari Resistor :

Simbol Resisitor


 Nilai resistansi dari Resisitor disesuaikan dengan bahan dasar untuk mernbuat Resistor. Awalnya Resistor dibuat dari bahan karbon dengan alasan karbon memiliki resistivitas yang tinggi. Bahan karbon tersebut dililit dengan kawat, kemudian diberi kode warna atau nilai tertentu sesuai dengan ukurannya. Namu seiring berkembangnya teknologi telah banyak ditemukan bahan-bahan lain untuk pembuatan resisitor diantaranya Film Karbon, Film Metal dan Film Cermet.

Tipe lain dari resistor dibuat dari kawat berliku Nichrome atau serupa di bentuk isolasi. Komponen ini, yang disebut resistor wirewound, dimana mampu menangani arus yang lebih tinggi daripada resistor komposisi karbon ukuran fisik yang sama. Namun, karena kawat adalahadalah kumparan, maka komponen bertindak sebagai induktor serta menunjukkan perlawanan. Hal ini tidak mempengaruhi kinerja di rangkaian DC, tetapi dapat memiliki efek buruk di rangkaian AC karena induktansi menjadikan perangkat sensitif terhadap perubahan frekuensi.

  Karakteristik utama dari resistor adalah Resistansinya dan daya listrik yang dapat diboroskan dan karakteristik lainnya masalah koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi.
Fungsinya :
  1. Menghambat arus listrik
  2. Pembagi teganganPengatur volume (potensiometer)
  3. Pengatur kecepatan motor (rheostat)
  4. Dan lain-lain tergantung disain komponen

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Pengertian Resistor semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa ketikan saran dan kritik yang mendidik pada kolom komentar guna perbaikan untuk kedepannya. Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Resistor Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel