Pengertian SCR ( Silicon Controlled Rectifier)

   Pengertian SCR ( Silicon Controlled Rectifier) -- Silicon Controlled Rectifier atau sering disebut SCR  atau trystor adalah sebuah dioda yang sangat banyak digunakan dalam rangkaian elektronika  yang berfungsi sebagai rangkaian pengendali atau kontrol daya. Silicon Controlled atau SCR bahkan telah disebut perangkat keras elektronik daya tinggi. SCR masih tergolong dalam keluarga semikonduktor dan mempunyai karakteristik yang sama dengan tabung thiratron. 

Gambar SCR 800V 55 A RMS

Penemuan SCR
Silicon Controlled Rectifier pertama kali dikenalkan oleh Shockley pada tahun 1950. Hal ini disebut sebagai P-N Hook Kolektor dan mekanisme untuk operasinya dianalisis lebih lanjut pada tahun 1952 oleh Ebers. Kemudian pada tahun 1956 Moll menyelidiki mekanisme switch dari thyristor. Pengembangan terus dilakukan tentang perangkat penyearah pengendali pertama sehingga awal tahun 1960 terciptalah perangkat pengendali pertama.

Aplikasi SCR (Silicon Controlled Rectifier)
SCR (Silicon Controlled Rectifier) atau dikenal juga thyristor banyak digunakan di rangkaian elektronik, dengan aplikasi yang berbeda. Beberapa aplikasi SCR (Silicon Controlled Rectifier) adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai kontrol daya AC ( termasuk lampu, motor , dan lain-lain)
  2. Sebagai protection untuk tegangan yang berlebih dari supply listrik
  3. Sebagai AC power switching
  4. Sebagai kontrol elemen pada sudut trigger control
SCR (silicon controlled Rectifier) sangub untuk tegangan tinggi dan menahan tegangan yang reverse (terbalik) sehingga membuat SCR (silicon Controlled Rectifier) ideal untuk operasi switching terutama dalam rangkaian AC.

Simbol SCR (Silicon Controlled Rectifier)



Pin (kaki-kaki) yang ada pada SCR (Silicon Controlled Rectifier)
A = Anode
G = Gate
C = Cathode

Diagram Fisik SCR (Silicon Controlled Rectifier)



Penjelasannya adalah SCR (silicon Controlled Rectifier) terdiri dari 4 (empat) lapis semikonduktor diantaranya Positif Negatif Positif Negatif atau disingkat PNPN trioda. Pin gate yang berfungsi sebagai pengendali diletakkan di lapisan bahan tipe-P yang berdekatan dengan pin katoda.

Prinsip Kerja SCR (Silicon Controlled Rectifier)
Prinsip kerja SCR (Silicon Controlled Rectifier) hampir sama dengan dioda normal yang membedakannya adalah SCR (silicon Controlled Rectifier) membutuhkan tegangan positif pada pin "Gate" untuk dapat mengaktifkannya. Saat pin Gate diberikan tegangan positif sebagai pemicu atau trigger, SCR (silicon Controlled Rectifier) akan menghantarkan arus listrik dari anoda ke katoda. Saat SCR (Silicon Comtrolled Rectifier) ON (aktif) maka SCR akan terus aktif atau ON walaupun tegangan picu (trigger) yang diberikan pada pin Gate SCR telah dilepas. Untuk mengembalikan SCR dalam posisi OFF (tidak aktif) arus maju Anoda-katoda harus diturunkan hingga berada pada titik Ih ( Holding Current ) SCR, maksudnya menurunkan tegangan maju Anoda-Katoda ke titik Nol.
Dalm mengetahui besar kecilnya Ih ( Holding Current) dari SCR dapat dilihat dari data shhet SCR itu sendiri karena tiap-tipa SCR mempunyai arus holding yang berbeda.

Jenis lain dari SCR (Silicon Controlled Rectifier)

  1. Reverse Conducting Thyristor (RCT)
  2. Gate Assisted Turn-Off Thyristor (GATT)
  3. Gate Turn-Off Thyristor ( GTO)
  4. Asymmetric Thristor

0 Response to "Pengertian SCR ( Silicon Controlled Rectifier)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel