Positive Displacement Flowmeters

Postive  Displacement  Flowmeters (PD  meters),  bekerja  berdasarkan pengukuran volume dari fluida  yang sedang mengalir  dengan  menghitung secara  berulang  aliran  fluida  yang  dipisahkan kedalam  suatu  volume  yang diketahui (chamber),  selanjutnya  dikeluarkan  sebagai  volume  tetap  yang diketahui. Bentuk  dasar  dari  PD  meter adalah  suatu  chamber  yang  berfungsi memisahkan  atau  menghalangi  aliran fluida.  Di  dalam  chamber tersebut terdapat  sebuah  alat  mekanik  yaitu  rotating/reciprocating  unit  yang ditempatkan  untuk  menciptakan  paket  volume  tetap  dari  fluida  yang  sedang mengalir. 


Oleh  karena  itu,  volume  dari  fluida  yang melewati  chamber  dapat  diketahui dengan menghitung  jumlah discreate  parcels yang  lewat  atau  setara  dengan jumlah  putaran  dari rotating  /  reciprocating. Dengan  demikian volume  flow ratedapat dihitung dari laju perputaran alat rotating / reciprocating.

Spesifikasi Umum 

Akurasi dari PD flowmeter ditentukan  oleh  kemampuan capillary  seal untuk memisahkan  fluida  yang  masuk  kedalam chamber  dalam bentuk  discreate parcels. Dalam  upaya memastikan  PD  meter  berfungsi  dengan  baik dan  mencapai tingkat akurasi (design), maka didalam implementasinyaPD  meter dilengkapi dengan filter yang  berfungsi memisahkan partikel (dengan  ukuran >100  µm)dan gelembung gas (bubbles) dari aliran fluida. Walaupun flowmeter  jenis  ini sudah digunakan secara  luas di dalam  industri, namun potensi  sebagai  penyebab pressure  drop perlu  dipertimbangkan  pada semua aplikasi.

Secara  umum  kelebihan  dan  kekurangan  dari  PD flowmeter  adalah  sebagai
berikut :
Kelebihan
·  Biaya pengadaannya awal : rendah ~ sedang
·  Dapat digunakan di dalam aliran viscous.
·  Rangeability yang tinggi
·  Output pembacaan linear.
·  Akurasi sangat bagus.

Kekurangan :
·  Biaya pemeliharaan relatif tinggi
·  Pressure drop relatiftinggi
·  Tidak sesuai untuk laju alir rendah
·  Sangat peka pada kerusakan akibat gas, fluida dengan padatan (slugs)
dan fluida yang kotor.
·  Gas (bubbles) didalam fluida signifikan menurunkan akurasi.

Jenis-jenis Positive Displacement Flowmeters
Beberapa  jenis positive displacement flowmeter yang tersedia dan  digunakan secara luas di dalam industriproses, antara lain ; nutating disc, rotating valve, oscillating  piston,  oval  gear,  roots  (rotating lobe),  birotor,  rotating  impeller, receiprocating  piston  dan rotating  vane.  Perbedaan  penamaan  hanya didasarkan  pada  bentuk  alat  mekanis  di  dalam  chamber,  namun  prinsip operasi untuk pengukuran volumetric flow adalah sama.

a. Nutating Disc




b. Rotating Valve


c. Oscillating Piston

 d. Oval Gear
e. Roots
f. Birotor
g. Receiprocating  Piston
h. Rotating Impiller

0 Response to "Positive Displacement Flowmeters"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel