Rangkaian Bistable Multivibrator

  Selamat pagi sobat Pandai elektronika- Kali ini kita akan membahas tentang rangkaian Bistable Multivibrator.  Bistable Multivibrator adalah jenis lain dari multivibrator yang mirip dengan Monostable Multivibrator. Multivibrators bistable memiliki dua kondisi yang stabil (maka nama: "Bi" berarti dua) dan mempertahankan keadaan output yang diberikan tanpa batas waktu kecuali pemicu eksternal diterapkan memaksanya untuk mengubah keadaan. Multivibrator bistable dapat beralih dari satu kondisi stabil untuk yang lain dengan penerapan pulsa memicu eksternal dengan demikian, membutuhkan dua pulsa memicu eksternal sebelum kembali kembali ke keadaan semula. Sebagai multivibrators bistable memiliki dua keadaan yang stabil mereka lebih dikenal sebagai kait dan Flip-Flops untuk digunakan dalam jenis sirkuit berurutan.
Diskrit Bistable Multivibrator adalah dua keadaan perangkat non-regeneratif dibangun dari dua lintas digabungkan Transistor beroperasi sebagai "ON-OFF" Switches Transistor. Dalam masing-masing dua kondisi, salah satu transistor dipotong-off sementara transistor lain dalam kejenuhan, ini berarti bahwa sirkuit bistable mampu tersisa tanpa batas baik keadaan stabil. Untuk mengubah bistable yang lebih dari satu keadaan ke yang lain, sirkuit bistable membutuhkan pulsa memicu cocok dan pergi melalui siklus penuh, dua pulsa memicu, satu untuk setiap tahap yang diperlukan. Nama yang lebih umum atau istilah "flip-flop" berhubungan dengan operasi yang sebenarnya dari perangkat, seperti "membalik" menjadi satu kondisi logika, tetap di sana dan kemudian perubahan atau "jepit" kembali ke keadaan semula pertama. Pertimbangkan sirkuit di bawah ini.


 Bistable Multivibrator atas sirkuit stabil di kedua negara, baik dengan satu transistor "OFF" dan yang lain "ON" atau dengan transistor pertama "ON" dan yang kedua "OFF". Mari kita misalkan bahwa saklar berada di posisi kiri, posisi "A". Basis transistor TR1 akan membumi dan di wilayah cut-off-nya menghasilkan output pada Q. Itu berarti bahwa transistor TR2 adalah "ON" sebagai basisnya terhubung ke Vcc melalui kombinasi seri resistor R1 dan R2. Seperti transistor TR2 adalah "ON" akan ada nol output pada Q, kebalikan atau kebalikan dari Q.

  Jika saklar kini bergerak ke kanan, posisi "B", transistor TR2 akan beralih "OFF" dan transistor TR1 akan beralih "ON" melalui kombinasi resistor R3 dan R4 menghasilkan output di Q dan nol output pada Q membalikkan dari atas. Maka kita dapat mengatakan bahwa salah satu negara yang stabil ada ketika transistor TR1 adalah "ON" dan TR2 adalah "OFF", beralih posisi "A", dan negara stabil lagi ada ketika transistor TR1 adalah "OFF" dan TR2 adalah "ON", beralih posisi "B".

Kemudian tidak seperti monostable multivibrator yang output tergantung pada RC waktu yang konstan dari komponen umpan balik yang digunakan, multivibrators keluaran bistable tergantung pada penerapan dua pulsa memicu individu, beralih posisi "A" atau posisi "B".

Jadi multivibrators Bistable dapat menghasilkan pulsa output yang sangat singkat atau berbentuk output yang jauh lebih lama persegi panjang yang terkemuka tepi naik dalam waktu dengan pemicu pulsa eksternal diterapkan dan yang trailing edge tergantung pada pemicu pulsa kedua seperti yang ditunjukkan di bawah ini.



Demikianlah sedikit tentang rangkaian bistable multivibrator, semoga bermanfaat.

0 Response to "Rangkaian Bistable Multivibrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel